Siaga Banjir, Lurah Tarempa Lakukan Langkah Awal Antisipasi

Lurah Tarempa, Syamsir

Anambas, Jendelakepri.com – Hujan deras kembali mengguyur Kabupaten Kepulauan Anambas. Hujan yang menimpa Anambas sejak sore hari hingga dini hari membuat air dari hulu sungai yang ada di pegunungan turun ke hilir menuju Sungai Sugi yang merupakan wilayah padat penduduk Ibukota Anambas, Tarempa.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Tarempa bersama masyarakat Tarempa mulai melakukan tindakan pencegahan dikarenakan debit air yang terus naik membuat wilayah seperti Jalan Raden Saleh, Patimura, Tongkol dan Imam Bonjol mulai terendam air dan berpotensi banjir.

Lurah Tarempa, Syamsir menjelaskan, tindakan pencegahan yang dilakukan ialah dengan memberikan informasi kepada warga tentang potensi banjir yang bisa terjadi.

“Langkah awal yang kita lakukan ialah dengan membangunkan warga agar dapat menyelamatkan barang-barang berharga karena debit air terus meninggi. Kita juga berkoordinasi dengan pihak-pihak tanggap bencana serta pihak keamanan agar dapat siaga,” jelas Syamsir, Jumat (22/12/2023) dini hari.

Dia juga mengatakan, pihaknya akan terus berjaga dan siap memberikan pertolongan kepada warga yang membutuhkan bantuan apabila benar-benar diperlukan.

“Saya bersama masyarakat dan Komunitas Jaga Kampung (KJK) siap memberikan bantuan jikalau dibutuhkan warga, karena itulah yang kami lakukan saat ini. Kami akan memonitor rumah-rumah warga, kita juga standby di Pos KJK yang berada di Jalan Patimura,” kata dia. (En)