Daerah  

Kementerian PANRB Gelar Bimtek SKM di Batam

Batam, Jendelakepri.comĀ – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar Bimbingan Teknis Implementasi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) secara online di Kota Batam.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan SKM merupakan bentuk kerja sama antara penyelenggara pelayanan publik dengan masyarakat dalam rangka melakukan penilaian kinerja pelayanan, agar penyelenggara layanan dapat meningkatkan kualitas layanannya.

“Terimakasih Pemko Batam, karena hari ini telah memfasilitasi Kementerian PANRB melakukan bimbingan teknis terkait SKM online,” kata Diah, Rabu (4/10)

Kementerian PANRB sendiri menurutnya terus mendorong kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk membuat SKM secara online. Selain itu juga dapat menciptakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKP) serta Forum Komunikasi Publik (FKP) secara daring.

“Partisipasi masyarakat adalah unsur keharusan demi menyelaraskan keinginan masyarakat dalam memperoleh hak-hak sebagai warga negara yang harus dilayani,” ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Kota Batam, Yusfa Hendri, menyampaikan terimakasih dan juga apresiasi kepada Kementerian PANRB karena telah memilih Kota Batam sebagai tempat bimbingan teknis SKM online.

“Pemko Batam terus berkomitmen untuk memberi pelayanan kepada seluruh elemen masyarakat,” kata Yusfa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan, Kepala Inspektorat Kota Batam Hendriana Gustini dan sejumlah pejabat lainnya di lingkungan Pemko Batam.*